5 Makanan yang Berkhasiat Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh sel hati dan bersumber dari makanan. Kolesterol terbagi menjadi kolesterol baik dan buruk.

Jika seseorang memiliki terlalu banyak kandungan kolesterol jahat di dalam tubuhnya, hal ini dapat memicu plak yang timbul di pembuluh darah. Plak yang menyumbat aliran darah dapat menyebabkan penyakit seperti gagal jantung atau serangan jantung.

Baik orang sehat maupun orang dengan kolesterol tinggi dapat mulai menjaga pola makan untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Berikut merupakan lima makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mengurangi kolesterol:

1. Alpukat

Alpukat memiliki nutrisi yang lengkap. Kandungan lemak baik dan seratnya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Salah satu penelitian menunjukkan penderita obesitas yang mengonsumsi satu alpukat setiap harinya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh lebih banyak ketimbang mereka yang tidak.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama almond dan kenari, tinggi dalam kandungan lemak tak jenuh tunggal. Almond dan kacang-kacangan lain mengandung asam amino yang membantu tubuh menghasilkan nitrogen monoksida. Zat ini dapat melancarkan peredaran darah. Kenari sendiri kaya akan omega-3, lemak tak jenuh ganda untuk kesehatan jantung.

3. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon dan ikan kembung kaya akan omega-3. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan peradangan dan risiko stroke.

Perlu diingat bahwa cara memasak ikan paling sehat adalah dengan merebus atau mengukusnya. “Faktanya, ikan goreng dapat meningkatkan potensi penyakit jantung dan stroke,” tulis Kerri-Ann Jennings, dikutip Tempo dari artikel di Healthline, Rabu, 21 Juli 2021.

4. Buah-buahan

Berbagai macam buah kaya akan serat larut yang dapat menurunkan tingkat kolesterol. Serat menyingkirkan kolesterol jahat dan menghentikan kerja hati untuk memproduksi komponen ini. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi antara lain apel, anggur, jeruk, dan stroberi.

5. Cokelat murni dan kakao

Kakao adalah bahan dasar coklat. Dalam sebuah studi, orang dewasa yang sehat mengalami pengurangan kolesterol sebesar 6.5mg/dl setelah mengonsumsi minuman kakao dua kali dalam sebulan. Kakao dan coklat murni dianggap dapat melindungi kolesterol jahat dalam tubuh dari proses oksidasi yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

DINA OKTAFERIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.