Cara Membantu Sahabat yang Sedang Bersedih karena Putus Cinta

Siapa pun akan ikut merasa sedih ketika sahabatnya meratap karena baru putus cinta. Di saat seperti inilah orang membutuhkan teman yang mendukung untuk mengembalikan kepercayaan diri dan merasa nyaman.

Namun, kadang-kadang kita tak tahu bagaimana membantu sahabat melalui masa menyedihkan ini. Sebab, salah ucapan bisa membuat mereka tambah merasa terpuruk.

Berikut cara menghibur teman yang sedang bersedih karena putus cinta, seperti dilansir Times of India.

1. Ingatkan, ini bukan salahnya

Saat mengalami patah hati, orang cenderung merasa bahwa hubungan mereka yang rusak adalah karena kesalahan mereka. Jika sahabatmu pun merasa seperti itu, ingatkan dia bahwa itu bukan salahnya. Biasanya ini karena mereka tidak mempersiapkan diri untuk kegagalan. Hubungan yang gagal mestinya tidak menentukan kesuksesan dalam hidup mereka.

2. Hati-hati dengan ucapan

Perpisahan bisa menguras emosi. Orang yang mengalaminya mungkin jadi sensitif terhadap semua perkataan. Kalimat yang diungkapkan harus memiliki belas kasih dan kenyamanan. Jangan mengatakan bahwa mereka pantas mendapatkan seseorang yang lebih baik atau sekarang mereka dapat berbaur dengan orang lain lagi. Memotivasi mereka dan membuat mereka merasa baik tentang diri mereka sendiri adalah yang paling disarankan.

3. Biarkan mereka melampiaskan isi hati

Jangan menyindir betapa buruk atau beracunnya mantan mereka ketika teman mencoba curhat tentang perpisahan mereka. Dengarkan mereka mengungkapkan isi hati tentang frustrasi dan tawarkan saran tentang bagaimana mereka bisa merasa lebih baik. Tak perlu menjelek-jelekkan mantan mereka.

4. Sarankan untuk memanjakan diri

Tidak ada terapi yang lebih baik daripada menghabiskan ‘me-time’ atau waktu untuk diri sendiri sehingga bisa memikirkan keputusan dan pilihannya untuk masa depan. Jika dikelilingi banyak orang, mereka akan mendengar banyak pendapat dan pandangan. Kebutuhan sahabatmu saat ini adalah kejelasan tentang pandangan mereka sendiri.

5. Ajak jalan-jalan

Ini adalah cara terbaik untuk melepaskan diri dari kesedihan karena putus cinta. Mereka akan menikmati suasana dan merasa segar kembali setelah lama merasa sedih. Kamu juga dapat menemani mereka ke kelas hobi yang dapat berguna di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.