Porsche Kembangkan Teknologi Digital Twin, Bisa Deteksi Masalah pada Mobil

Porsche telah mengembangkan teknologi terbaru pada mobilnya yang diberi nama Porsche Digital Twin. Teknologi ini menciptakan replika virtual dari mobil asli dan menggunakan algoritma berbeda, yang bisa mendeteksi dan memprediksi kapan mobil harus diservis.

Melansir laman Hindustan Times hari ini, Senin, 8 Oktober 2021, Porsche Digital Twin ini diklaim memiliki kombinasi algoritma dan menggunakan sejumlah data sensor dan data besar untuk merekomendasikan layanan berdasarkan gaya berkendara pengemudi. Misalnya sistem bisa merekomendasikan layanan yang diperlukan untuk suspensi atau mesin bergantung pada pola mengemudi atau aspek lain dari perilaku pengemudi.

Secara keseluruhan, sistem Digital Twin ini dapat mengantisipasi masalah apa pun pada mobil sebelum benar-benar terjadi. Selain membantu pemilik kendaraan agar tepat waktu melakukan servis, teknologi ini juga bisa menghindari para pemilik kendaraan mengeluarkan biaya yang besar akibat kerusakan parah pada mobilnya.

Sistem Digital Twin ini juga mungkin akan mengubah jadwal servis rutin kendaraan demi waktu pemeliharaan yang tepat dari masalah yang terjadi pada mobil. Pengguna juga akan memiliki catatan digital tentang riwayat layanan masalah kendaraan.

Sayangnya Porsche belum mengungkapkan rincian lebih lanjut dari teknologi Digital Twin ini. Produsen mobil asal Jerman ini juga tidak akan meluncurkan sistem terbaru ini hingga 2022. Namun Porsche telah menguji coba teknologi Digital Twin dalam berbagai prototipe mobilnya.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES | WP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.