Sama-sama Penghangat Tubuh, Ini Beda Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon

JAKARTA -Minyak kayu putih dan minyak telon adalah jenis minyak atsiri yang banyak digunakan, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Meskipun sama-sama menghangatkan tubuh, apalagi di musim hujan wajib ada, kedua minyak ini ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah perbedaan minyak kayu putih dengan minyak telon :

Seperti namanya, minyak kayu putih terbuat dari penyulingan daun dan ranting tanaman kayu putih. Jenis tanaman yang biasa dipakai adalah Melaleuca leucadendra atau Melaleuca cajuputi.

Sementara minyak telon terbuat dari tiga bahan, yakni minyak kelapa, minyak adas (Oleum foeniculi), dan minyak eucalyptus. Ketiga bahan tersebut kemudian dicampur dengan kadar yang berbeda-beda.

Minyak kayu putih dan minyak telon sama-sama bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada area kulit yang dioleskan. Berkat efek aromaterapinya, minyak kayu putih juga sering digunakan untuk meredakan pilek, hidung tersumbat dan sakit kepala.

Sedangkan minyak telon sering digunakan untuk melegakan pernapasan dan mengusir nyamuk karena kandungan minyak adas. Selain itu, kandungan minyak kelapa juga dapat menjaga kelembapan kulit dan menyembuhkan gangguan kulit ringan.

Perbedaan selanjutnya antara minyak kayu putih dan minyak telon adalah pada tekstur dan aromanya. Minyak kayu putih cenderung tidak licin dan lebih cepat meresap di kulit, sedangkan minyak telon lebih kental, licin dan tidak mudah meresap.

Minyak kayu putih juga memiliki aroma yang lebih kuat dan sensasi yang lebih hangat dibandingkan dengan minyak telon. Oleh karena itu, minyak telon lebih banyak digunakan oleh anak-anak sementara minyak kayu putih lebih banyak digunakan oleh orang dewasa.

SITI NUR RAHMAWATIBaca : 5 Barang yang Harus Dibawa Saat Liburan di Musim Hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.