Tips Menjadi Seorang Eksportir Paket ke Luar Negeri

Salah satu bisnis yang menggiurkan adalah bisnis ekspor barang dari Indonesia ke luar negeri, baik itu ke negara-negara di kawasan Asia, Eropa, Amerika bahkan sampai Afrika.

Bagaimanapun, Indonesia adalah negeri yang kaya dengan sumber daya alam, semua melimpah ruah di negara kita. Hanya saja, terkadang kita kurang bisa melihat peluang bisnis ke negara luar.

Sebagai contoh misalnya tanaman porang. Di Indonesia tanaman ini hanyalah tanaman semak belukar, namun, ketika dibudidayakan dengan baik dan dijual ke luar negeri, hasilnya sangat memuaskan. Pasarnya ada dan harganya juga mahal.

Nah, berikut ini adalah tips menjadi seorang eksportir barang-barang atau komoditas dalam negeri ke luar negeri melalui jasa pengiriman paket ke luar negeri.

Apa saja Tips Menjadi Seorang Eksportir Paket ke Luar Negeri?

 

  1. Belajar dan Berkomunitas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar, belajar dan belajar. Ini karena bagaimanapun proses eksportir tidak semudah yang dibayangkan. Ada hal-hal yang harus dipelajari mulai dari teknis pengiriman, sampai dengan menawarkan barang-barang yang ingin diekspor melalui berbagai jalur, entah itu online ataupun offline.

Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk ikut dalam komunitas agar anda bisa langsung belajar pada orang-orang yang ahli di bidangnya. Selain itu, dengan berkomunitas nantinya akan memudahkan anda ketika berkonsultasi dan memecahkan pertanyaan pertanyaan yang ada dalam benak anda.

Seperti misalnya bagaimana kirim paket dari Kuwait ke Indonesia atau pengiriman dari Indonesia ke negara-negara lain di Timur tengah dan lain sebagainya.

  1. Mempunyai Akses ke Produk

Sebelum memulai ekspor barang, ada baiknya anda harus mengetahui tentang komoditas apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dijual belikan secara internasional.

Setelah itu, anda juga harus memiliki akses ke para pemilik produk, memastikan kualitas dan keamanan stok dari produk yang akan dijual.  Tentu saja itu bukan hal yang mudah, anda harus bekerja keras terutama ketika awal-awal merintis sebagai eksportir.

Bagaimanapun, menjadi eksportir membutuhkan keuletan, kerja keras dan semangat yang tidak pernah kendur. Hal itu sejalan dengan penghasilan yang dapat anda peroleh ketika penjualan anda tembus di pasar global.

  1. Membuat Perijinan

Membuat surat perijinan adalah satu hal yang harus dilakukan sebagai eksportir. Seperti misalnya membuat SIUP, NIB, NPWP dan beberapa ijin lainnya.

Ketika melakukan ekspor barang pun anda harus membuat beberapa dokumen agar barang yang anda kirim memenuhi sarat legalitas baik itu ketika keluar dari Indonesia ataupun setelah tiba di negara tujuan.

Bagi orang awam, hal hal seperti ini tentu saja memusingkan, namun, itu biasanya hanya awalan, setelah anda berhasil melakukan transaksi pertama biasanya bisnis ekspor akan berjalan lancar kedepannya. Anda memang harus bersusah payah di awal untuk meraih kesuksesan kedepan.

So, itulah tadi beberapa tips untuk menjadi seorang eksportir. Salah satu kunci utama untuk sukses dalam bidang ini adalah bergabung dengan komunitas, ini karena di komunitas anda bisa bertemu dan menggali ilmu dari orang-orang yang menekuni bisnis yang sama seperti yang ingin anda geluti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.